Wahai warga China, berbahagialah akan didatangi 4 Manusia Tropis !!!
Menindaklanjuti promo gencar – gencaran terbang murah dari Air Asia, saya dan teman – teman kantor merasa terpanggil oleh panggilan jiwa. Prinsip kami adalah, turutilah keinginan jiwa mu. Sudah kami idam – idamkan untuk bertravelling kenegeri China sejak lama. Maka dimulailah persiapan untuk mencari ilmu ke negeri China.
Hal pertama yang ditetapkan adalah misi yang ingin dicapai yang terkait ke waktu liburan. Kapan sebaiknya kita travelling ke China??? Setelah dilakukan rapat pemegang saham, maka ditetapkan misi utama kami adalah “merasakan musim dingin dan melihat salju secara langsung”. Maklumlah, negara kita yang tropis suhunya panas terus. Maka ditetapkanlah waktu kebarangkatan pertengahan bulan Januari 2011 dengan pertimbangan hasil browsing di internet pada bulan Januari suhu paling ekstrim dingiiiinnn.

Perburuan Tiket
Selanjutnya tentu saja harus dipersiapkan tiket pesawat mulai dari berangkat sampai kembali lagi ke rumah. Maskapai Air Asia (AA) jadi pilihan utama. Segera kita browsing ke webnya untuk melihat tarif tiket promo dari Jakrta ke China. Untuk mencapai misi yang ditetapkan, maka tujuan kami adalah China agak atasan dikit yaitu Shanghai dan Beijing. Sekalian lihat Greatwall yag fenomena itu. Ada anekdot katanya tidak ke China kalau tidak ke Greatwall hehe.

Rencana perjalanan ditetapkan dari Jakarta ke Hangzhou via KL. Dari Hangzhou ke Shanghai naik kereta cepatnya China atau CRH (China Railway Highspeed) atau sering disebut “Hexie” oleh warga lokal. Lanjut ke Beijing pake kereta cepat juga. Terus dari Beijing ke ke Tianjin pake kereta dan pulang ke Jakarta dari Tianjin pakai Air Asia ke KL. Dari KL cari pesawat lagi ke Jakarta. Soalnya pesawat AA dari Tianjin tidak ada yang langsung ke Jakarta.

Untuk membeli tiket AA, kita sebagai traveller wajib mempunyai kartu kredit karena pembayaran tiket pesawat AA dari Luar Indonesia mutlak harus bayar pake CC untuk tiket promo. Kalau tujuan dari Jakarta ke Luar kita bisa pakai internet banking nya BCA. Sebenernya kita bisa beli tiket AA di counter AA di bandara atau di Carrefour Mall Puri Indah (setau saya di lantai 2 CF Puri Indah. Naik tangga nekuk kiri 180 derajat sebelah kiri) tapi di counter AA tidak bisa beli tiket promo !!!, only reguler. Harganya bedanya lumayan.

Tiket Jakarta – Hangzhou booking di internet tanpa ada masalah. Kita akhirnya dapatkan tiket Jkt – Hangzhou untuk tanggal 11 januari 2011. Berangkat jam 08.30 dari Jkt menuju KL. Transit di KL sekitar 5 jam, lalu lanjut ke Hangzhou ke bandara Xiaoshan dengan waktu kedatangan sekitar jam 22:25 waktu setempat. Pembayaran tiket dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Selanjutnya kami mencari tiket pulang dari China dengan penerbangan Tianjin – KL. Di web AA kami lihat ada tiket promo. Mungkin krn sibuk di pergantian tahun ketika masuk tahap transaksi, pilihan bayar dengan CC tidak muncul. Hanya ada pilihan pembayaran menggunakan ATM Bank – bank di China. Bahkan setelah dicoba berkali – kali di kantor dan rumah dengan jaringan internet yg berbeda dan hari berbeda. Kita sudah ketakutan tiket AA Tj – KL bakal merayap naik seiring dengan mendekatnya waktu. Jadilah kita putuskan utk langsung datang ke counternya AA di bandara SH di terminal 2. Untuk beli tiket Tianjin – KL. Sebenernya kita sudah nyoba beli di web, namun entah kenapa web AA waktu itu. Ternyata kata si mbak – mbaknya di counter itu tidak bisa beli tiket promo. Memang tiket promo hanya disediakan di web utk pelanggan yg beli langsung. Makanya, segeralah bikin kartu kredit kalau mau keliling dunia.

Akhirnya tiket promo AA TJ – KL saya dapatkan dengan transaksi di web AA, tapi saya akali bukannya tidak pakai mozilla firefox. Tapai pake internet explorer !!. Sempat curiga juga menggunakan internet explorer karena pada saat transaksi tidak muncul tab berwarna ciri khas secure transaction seperti kalo pake mozilla. Tapi berhubung sudah putus asa, maka saya lanjut aja transaksi web pake CC dengan perjanjian sama temen2 jika ketipu ditanggung bersama. Tiket AA Tj – KL didapat dengan harga 899 Yuan + airport tax dll jadi 1130 Yuan per orang.

Tiket Tianjin ke KL kami dapat untuk penerbangan tanggal 19 Januari 2011. Dari Binhai International Airport Tianjin China berangkat jam 15:50 waktu setempat menuju KL terminal LCCT dengan estimasi waktu kedatangan pukul 22:15 waktu setempat.

Tinggal tiket dari KL menuju Jakarta yang belum kami kantongi. Keberuntungan memang berpihak pada kami. Pas saya iseng – iseng browsing nyari tiket KL-JKT, saya dapet tiket promonya Garuda hehehe, horeeee, Cuma 214 Ringgit Malaysia, sekitar 600 ribu rupiah !. Padahal tiket AA pada waktu yang sama harganya di 750 ribu an. Kami memang ingin menggunakan pesawat yang service nya full kayak Garuda utk kembali ke Jakarta. Kalau naik AA, mesti puasa di pesawat dan bete tidak ada hiburan, maklumlah murah meriah. Hanya ada satu masalah, pesawat Garuda kami baru berangkat ke Jakarta keesokan harinya, jam 7:00 pagi!. Padahal dari Tianjin dijadwalkan tiba jam 11:00 malem. So, bakal ada cost extra untuk nginep semalam lagi. Tapi kami punya trik khusus supaya bisa menghemat biaya hotel. Tunggu di cerita berikutnya.