Saya pernah kepikiran seandainya pemain sekelas Christiano Ronaldo atau Ronaldinho bermain di Liga Super Indonesia kelihatannya skill permainan mereka mungkin akan turun juga hehehe. Kebawa jelek sama sepakbola Indonesia.

Ada juga penggemar sepakbola yang putus asa berkomentar : “masa dari 200 juta jiwa lebih penduduk Indonesia tidak mampu membentuk 11 orang saja untuk membuat tim sepakbola yang hebat?”. Pertanyaan manusiawi dan sangat wajar. Tetapi faktanya sampai saat ini TIDAK BISA. Bukan pemain hebat yang tidak ada di negara ini, jangan – jangan pengurus PSSI yang tidak mau dan tidak bisa melihat bakat pemain hebat.

Karena kiblat sepakbola saat ini adalah Eropa, saya penasaran apakah ada pemain warga negara Indonesia yang bermain di Liga Eropa tetapi LUPUT dari pengamatan PSSI. Suatu waktu saya browsing di internet mencari pemain Indonesia yang merumput di Eropa. Saya berharap ada minimal 1 atau 2 orang lah warga kita bermain atau berlatih di Eropa. Ternyata saya tidak menemukan 1 atau 2 orang, tapi sederet pemain Indonesia (keturunan dan asli tulen) yang berlatih atau merumput di Eropa. Disana ada Irfan Bachdim (FC.Utrecht Belanda), Donovan Partosoebroto (Ajax junior), Lucien Sahetapy (Liga Belanda), Stefan Pattinasarany (Az Alkmaar Junior), Gaston Salasiwa (Az alkmaar), Giovanni Kasanwirjo (Ajax), dan masih banyak lagi. (lihat di http://www.indomanutd.org/archive/index.php?t-2675.html)

Dari hasil browsing tersebut, saya jadi semakin yakin dengan kesimpulan saya TIDAK ADA YANG SALAH DENGAN PEMAIN INDONESIA. Weleh weleh, jadi siapa yang salah sampai sepakbola kita ngawur seperti ini.

Untuk memajukan persepakbolaan kita, apa PSSI tidak kepikiran untuk melakukan pendekatan kepada para warga keturunan maupun warga asli Indonesia yang berlaga di Eropa untuk membela Tim Merah Putih di ajang Internasional. Saya sangat yakin kalau pendekatan PSSI dilakukan secara baik banyak dari mereka mau membela Tim Merah Putih karena hal ini merupakan kebanggaan tersendiri.

Tunggu apa lagi PSSI, ayo cepat merapat sebelum diembat oleh negara lain. Jangan gengsi yang dibesarkan karena punya fikiran stok pemain lokal juga banyak. Kalau bicara gengsi, negara sekelas Prancis, Spanyol dan Portugal saja merekrut pemain keturunan atau pemain warga negara pindahan seperti Zidane, Marcos Senna (membela Spanyol) atau Deco. Kenapa kita tidak. Wah, kebangetan deh PSSI.