Bagi yang hobby mountain biking menjelajahi bukit – bukit di perdesaan atau offroad, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas bersepeda gunung.

1. Tubuh Harus Fit. Kegiatan bersepeda cross country atau offroad menuntut kondisi fisik dan stamina yang prima. Banyak tenaga dibutuhkan ketika kita melintasi jalan yang mendaki dan daya tahan tubuh kita sangat menentukan. Jangan sampai kita kelelahan sebelum mencapai titik akhir rute perjalanan kita. Sebaiknya konsumsi makanan karbohidrat 1,5 jam sebelumnya. Lakukan peregangan dan pemanasan ringan sebelum bertempur.

2. Periksa kondisi rem sepeda. Selama bersepda kemungkinan besar kita akan dihadapkan pada jalan curam menurun dan kadang – kadang disertai belokan – belokan tajam. Saran saya, pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan sangat baik dan mempunyai spesifikasi mampu menahan laju sepeda pada kecepatan tinggi (30 – 40 km/jam). Jika kita menemui medan jalan curam yang panjang, jangan pernah melepaskan / me-los-kan laju sepeda dan mengerem ketika sepeda sudah sangat kencang. Hal ini sangat berbahaya dan sepeda bisa tidak terkendali.

3. Bawa 1 set Kunci L . Jaga – jaga saja barangkali ada beberapa komponen sepeda kita yang harus di stel di perjalanan.

4. Pakai Helm dan Kacamata. Helm sangat penting untuk menjaga kemungkinan kita terjatuh dan mencegah kepala kita terbentur langsung. Memang tidak jaminan juga kalau memakai helm akan aman dari benturan. Tapi dengan helm yang standar kita bisa meminimalkan resiko cedera kepala. Sedangkan kacamata mutlak diperlukan untuk menghindari kontak langsung mata dengan benda – benda kecil yang berseliweran di udara.

5. Bawa Minuman dan Makanan. Ini sih buat jaga – jaga, siapa tahu sepanjang trek yang kita lewati gak ada warung hahaha. Biasanya warung ada bertebaran dimana – mana. Tapi kalau rencana rute kita ke hutan, kita tidak akan menemukan warung dalam jangka waktu yang lama hahaha.

6. Bawa Kamera. Buat dokumentasi dan bukti bahwa kita pernah kesini gitu.

7. Bawa Alat Komunikasi (HP). Penting sekali, jangan sampai ketinggalan. Siapa tahu kita perlu menghubungi seseorang atau ada keluarga yang perlu menghubungi kita.

8. Bawa Kartu Identitas dan Rp. Jangan lupa bawa KTP atau kartu identitas lain. Siapa tahu diperlukan. Bisa aja dijalan ada razia orang gila, supaya gak ditangkep, tunjukin kartu identitasmu. Kalau menunjukkan kartu identitas masih tidak mempan dan tetap dicurigai orang gila sama petugas, keluarkan jurus terakhir, uang 50 ribuan hahaha. Pasti mempan.