Sudah diketahui bersama bahwa mayoritas penduduk negeri ini beragama Islam. Tapi kalau diperhatikan banyak sekali perilaku yang jauh sama sekali dari ajaran Islam. Tidak usah jauh – jauh, hal – hal kecil disekitar kita pada kejadian sehari – hari ternyata banyak juga yang melanggar ajaran Islam. Pada dasarnya, dalam Islam jika kita menzalimi orang lain / merugikan orang lain dianggap melakukan dosa.

1. Kebersihan. Tahukan anda Islam sangat peduli sekali dengan kebersihan. Bahkan Islam juga menyebutkan bahwa Kebersihan Sebagian Dari Iman. Bayangkan, sebagian dari iman. Artinya tidak cukup sholat 5 waktu, baca Al-Qur’an khatam berpuluh – puluh kali, Puasa di Bulan Ramadhan, Melaksanakan Ibadah Haji ke Tanah Suci, dll. Tapi kita juga harus peduli dengan kebersihan. Pertanyannya, Sudah Bersihkan Kita ? Tubuh kita,  lingkungan kita, rumah kita, kemana kita membuang sampah ? ke sungai, ke kali, ke kebun orang lain, ke got. Sudahkan kita meminimalkan sampah yang kita buang dengan cara memisah sampah palstik, kertas dan organik. Apakah kita berperan dalam membuat gunung sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah yang menyebabkan lingkungan tercemar, udara menjadi bau, dll yang membuat warga disekitar TPA menjadi penyakitan karena sampah yang kita buang ?

2. Merokok. Sudah banyak diberitakan di media cetak dan elektronik akhir – akhir ini banyak bayi – bayi lahir dengan kelainan bentuk organ tubuh dan cacat lain. Pernahkan anda berpikir mungkin salah satu bayi malang itu adalah korban kekejaman anda. Kenapa ??? Bisa saja suatu waktu dimasa lalu anda sedang merokok di dalam angkutan umum dimana si ibu dari bayi malang itu kebetulan berada dalam satu kendaraan dengan anda. Tahukan anda bahwa asap rokok anda dapat mengganggu janin yang ada dalam tubuh sang ibu dan pada akhirnya membuat bayi yang dilahirkannya menjadi cacat. Mungkin saja karena anaknya lahir cacat, orangtuanya menjadi depresi dan sakit yang akhirnya meninggal karena sakitnya. Karena orangtuanya meninggal dengan tragis, sang anak ketika dewasa menjadi psikopat dan menghabisi nyawa banyak orang sebagai tindakan balas dendamnya. Mudah – mudahan orang – orang yang dibunuh si anak malang psikopat itu termasuk anda yang tadi merokok didalam angkutan umum hehehe rasain lu.

3. Marah – Marah. Tahukah anda, kalau ada orang marah – marah maka suasana disekitar nya menjadi tidak enak dan tegang. Nah kalau sudah begini kan merusak mood orang lain. Itu juga berdosa.

4. Bertindak Seenaknya dijalan. Jangan pernah berpikir kalau tindakan ugal – ugalan anda di jalanan tidak dicatat sebagai dosa. Khususnya buat kalian para sopir angkutan kota (angkot) dan sopir angkutan umum lainnya yang hobby ngetem dijalan seenaknya. Kalian telah menumpuk dosa terus menerus sampai dosa kalian banyak sekali. Coba bayangkan karena anda berhenti di badan jalan dan menghalangi kendaraan lain, sehingga orang terganggu dan mengumpat. Akibat terganggu mungkin saja orang tadi jadi stress dan lama kelamaan stress-nya memuncak yang menyebabkan orang tadi meninggal karena stress. Siapa pelaku pembunuhan orang tadi ??? ya betul, anda yang suka berhenti seenaknya dijalanan. Kenapa saya kategorikan dosa, karena tindakan tersebut merugikan orang lain (menzalimi orang lain). Atau anda yang suka ugal – ugalan kebut – kebutan di jalanan. Anda juga termasuk yang senang menabung dosa.

5. Yang hobbi merusak lingkungan seperti BAB di sungai/kali, buang sampah dikali, merusak hutan, merusak karang laut dengan bom ikan, merusak habitat sungai dengan racun ikan (portas), mengurug sungai – rawa – danau, dll, anda membuat dosa. Allah telah mengingatkan kita : “Janganlah kalian berbuat kerusakan dimuka bumi”.